Minggu, 02 November 2008

Tips Mendidik anak Remaja

Rasulullah sendiri pernah bersabda : “Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya”, so secara gamblang di jelaskan kalau kita(sebagai orangtua yang memiliki anak) harus menyesuaikan dengan sikon yang berlaku pada saat ini, bukan mengatur atau mendidik disamakan dengan zaman kita kecil dulu.Berat rasanya memang untuk tidak melakukan hal itu, karena kita sebagai orang jaman dulu yang notabene mengalami didikan keras, tapi dengan cerita di atas kita bisa belajar tips-dan solusi agar anak itu “tau diri”, dan berikut adalah tips-tips agar mendidik anak(remaja) zaman sekarang:

1. Dukung dia.
Dukung semua apa yang anak lakukan (good things only), misal pada pejaran dukung anak dalam belajar agar dia merasa mempunyai arti dan tanggung jawab kepada anda, .

2.Jangan Permalukan
Walaupun berstatus sebagai anak, nggak ada orang yang ingin dipermalukan di depan orang lain (bullying), apalagi di depan teman-teman anak anda.

3.Mengetilah Dunianya
Nggak kenal maka nggak sayang, anda mungkin sering berkata dan berfikir “kamu tuh nggak ada kerjaan lain apa ??? kok nggak pernting banget sih kamu kaya gitu “, kata-kata di samping akan keluar karena anda tidak mau memahami apa yang sedang anak anda lakukan, coabalah mengerti dunianya agar dia selalu merasa didukung dan merasa anda pengertian.

4.Jangan Membanding-bandingkan
Sales manapun tidak akan terima jika barang dagangannya di banding-bandingkan dengan merk dagang lain di depannya apalagi sesorang yang jelas-jelas sudah memiliki wajah yang berbeda harus menerima perlakuakn di banding-bandingkan oleh orang lain, yang ada anak anda aakan mendendam pada anda.

Tidak ada komentar: